corona dan pencegahannya

Ahir ahir ini kita sedang mengalami wabah isrus yang disebut sebut sangat berbahaya. yaa,, Corona Coid-19. Virus ini serupa dengan virus flu yang menyebar dan berakumulasi ke sesak nafas sehingga menyebabkan kematian. Virus ini ditemukan pertama kali di China dan sampai pada saat ini, virus ini sudah menyebar ke 152 negara di Dunia termasuk Indonesia. Beberapa negara diantaranya melakukan Lockdown atau melarang wisatawan yang datang ke negaranya.

corona dan pencegahannya
image : kompas

 

Di Indonesia tidak melakukan lockdown, akan tetapi menutup hampir seluruh tempat wisata dan beberapa pusat keramaian guna meminimalisir penyebaran virus Corona Covid-19 ini. Per-tanggal 16 Maret 2020 ini sudah terdeteksi di Indonesia menemukan 134 kasus corona yang tersebar di beberapa kota besar.



Apa sih virus corona covid-19?

Coronairus awalnya ditemukan pada hewan unggas di tahun 1960 an. Saat itu masih belum menjangkiti manusia karena masih sangat lemah dan bisa ditangkal oleh imun tubuh terlemah seklipun. Berakumulasi dengan berbagai penamaan dari coronairus lalu mulai menjangkit manusia dengan nama SARS-cov yang di temukan sekitar tahun 2003. Sampai pada ahirnya menjangkit lebih berbahaya yang ditemukan pertama kali sekitaran pertengahan 2018 di China dengan nama Covid-19.

corona dan pencegahannya
image : kompas

 

Pada dasarnya Coid -19 ini termasuk virus yang lemah dan masih mudah ditangkal, akan tetapi akan menjadi sangat berbahaya ketika sudah berevolusi di dalam tubuh dan menjangkit sampai pada saluran pernafasan akut yang dapat menyebabkan kematian. Itupun dalam keadaan tubuh atau iun dalam tubuh yang sedang di tingkat kondisi lemah.



Bagaimana Penyebaran Covid-19?

Penyebaran virus ini melalui udara dan lebih sensitif lagi melalui sentuhan. Serupa dengan MERS, SARS dan Flu biasa , ketika ada teman kita yang berbincang dan salah satunya terkena flu, maka akan cenderung lebih bisa menular ke teman yang lain dalam satu obrolan tersebut. Ketika sudah berada dalam tubuh, maka tinggal imun tubuh yang beerja untuk menangkal, ketika imun sedang dalam kondisi fit, maka virus ini akan mati dengan sendirinya.Biasanya virus ini akan lebih mudah berevolusi pada kelompok orang rentan CoVid-19 yaitu pada usia 40-60 tahun, Orang dengan penyakit tertentu (kardiovaskular, penyakit pernafasan, diabetes, kangker dan beberapa penyait lain).

corona dan pencegahannya
image : kompas

 

Kita tidak pernah tau apakan Covid-19 ini mampu menembus imun kita atau tidak. Alangkah baiknya kalau kita mencegah sedini mungkin dengan cara pola hidup sehat.

Penangkalan CoVid-19

Kita bisa melakukan proses penangkalan dari penyebaran virus ini denngan pola hidup bersih.;

corona dan pencegahannya
image : fajar.com
  1. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir setelah beraktivitas.
  2. Mengkonsumsi air mineral
  3. Mengurangi konsumsi makanan fastfood dan instan, budayaka memasak makanan yang akan di konsumsi.
  4. Istirahat yang cukup.
  5. Mengurangi intensitas berinteraksi tubuh dengan sesama.
  6. Olahraga yang cukup untuk melancarkan pembakaran carbon dalam tubuh.

Mari kita budayakan hidup bersih untuk tubuh kita dan lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Now!